jump to navigation

Query Sangat Lambat 1 Agustus, 2006

Posted by saya in Tip & Trik.
trackback

Salah satu keunggulan pemakaian query atau SQL adalah kecepatan akses datanya yang cepat. Tetapi, jika query Anda terasa lambat dalam mengakses data, apa yang terjadi?
Ternyata banyak hal yang mempengaruhi kecepatan akses query. Kemungkinan database Anda telah lama tidak di-compact juga bisa menjadi penyebabnya, atau letak file database dalam disk yang terlalu terpisah (fragmentasi).
Sebaiknya Anda membuat index terhadap field yang digunakan sebagai kunci join, atau mendefinisikan relationship antara tabel-tabel yang di-join.
Sebaiknya field yang menjadi kunci join menggunakan tipe data yang terkecil, serta masing-masing field yang di-join tersebut mempunyai tipe data yang sama atau kompatibel.
Gunakanlah hanya field-field yang Anda perlukan saja untuk sebuah query, dan buatlah query yang lain untuk keperluan yang lain pula. Jika satu atau beberapa field Anda perlukan sebagai kriteria filter tetapi tidak dibutuhkan untuk menampilkan datanya, hapuslah tanda pada kotak cek Show.
Gunakanlah struktur query yang bisa di-optimized. Jika sebuah query mengandung ekspresi yang tidak bisa di-optimized, maka query di atasnya (jika menggunakan nested query) yang menggunakan query tersebut menjadi tidak di-optimized juga.
Walaupun dalam query Anda bisa menentukan kunci sort, sebaiknya Anda membuat index untuk field tersebut terlebih dahulu (dalam table design). Selamat mencoba.

Catatan:

Pernah dimuat InfoKomputer Okt 2000

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: