jump to navigation

Subdatasheet Justru Tidak Diharapkan 1 Agustus, 2006

Posted by saya in Tip & Trik.
trackback

Access 2000 hadir dengan sebuah fitur yang menyenangkan, yaitu subdatasheet. Ketika Anda menampilkan tabel dalam datasheet view, sebuah tanda tambah muncul di sebelah kiri setiap record, yang bila Anda klik akan menampilkan tabel data lain yang berhubungan dengan record tersebut.

Fitur subdatasheet ini akan otomatis muncul setelah Anda mendefinisikan relationship, baik one-to-one maupun one-to-many. Jika tabel telah berhubungan dengan tabel lain dalam relationship, maka ketika tabel tersebut ditampilkan dalam datasheet view, akan selalu memunculkan tanda tambah pertanda adanya subdatasheet yang bisa dibuka.

Keberatan terhadap munculnya fitur ini terjadi jika dalam program aplikasi, Anda justru tidak menginginkan pemakai bisa mengakses langsung tabel yang berhubungan, dengan membuka subdatasheet ini. Tentunya Anda tidak bisa mengalahkan definisi relationship, bukan?

Cara untuk menonaktifkan fitur ini pada sebuah tabel adalah dengan mengatur propertinya pada Design View. Bukalah tabel pada Design View, lalu pilih menu View*Properties. Pada properti Subdatasheet Name, pilihlah [None]. Anda juga bisa mengatur agar subdatasheet yang ditampilkan adalah tabel tertentu saja. Pilihan [Auto] akan menampilkan kotak dialog dimana Anda bisa memilih tabel datasheet yang akan dilihat jika tabel memiliki lebih dari satu relationship.

Catatan:

Pernah dimuat InfoKomputer Okt 2000

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: